Makanan yang Baik untuk Kesehatan Rambut dan Kuku

Tips Kesehatan

Tentu Anda sudah tahu makanan yang sehat dapat menurunkan resiko penyakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan energi, dan bahkan dapat mempengaruhi pola tidur Anda. Tapi tahukah Anda ada makanan tertentu yang dapat mempengaruhi penampilan Anda ? Baca terus untuk mengetahui nutrisi apa saja yang dapat membuat rambut dan kuku tampak berkilau, lebih kuat dan bercahaya.

makanan kesehatanBiotin / Vitamin H
Biotin atau yang biasa dikenal dengan Vitamin H berfungsi untuk memperkuat kuku. Bahkan Biotin digunakan untuk mengobati Alopecia, penyakit kulit yang ditandai dengan kerontokkan rambut. Nina DiBona, RD, ahli diet dan ahli gizi di Klub Olahraga / LA di Boston, setuju. “Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rapuh atau bahkan kerontokan rambut”. Cara mudah untuk mengingatnya, H dalam vitamin H adalah singkatan dari “haar dan haut,” yang berarti “rambut dan kuku” dalam bahasa Jerman.
Makanan yang disarankan : pisang, kacang-kacangan, kembang kol, telur, kacang tanah, dan salmon.

Asam Lemak Omega-3
Untuk mendapatkan rambut yang lebih bersinar, konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung Omega-3. “Omega-3 bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala dan membuat rambut tampak lebih berkilau” menurut DiBona. Asam lemak esensial adalah komponen penting dari stratum korneum, yang merupakan lapisan terluar epidermis yang berisi keratin dan memiliki kemampuan menyimpan air.

Makanan yang disarankan : telur, minyak ikan, salmon, sarden, bayam, tuna, dan kenari.

Protein
Asupan protein sangat penting karena berbagai manfaatnya, terutama untuk rambut dan kuku. “Protein struktural dikenal dengan keratin, yang membuat rambut dan kuku tumbuh lebih kuat”, jelas DiBona. Jika Anda memasukkan makanan berprotein ke menu diet Anda, pastikan untuk menghindari makanan yang terlalu berlemak.

Makanan yang disarankan : ayam, telur, daging merah tanpa lemak, susu rendah lemak, kacang-kacangan, seafood, kedelai dan gandum.

Vitamin A
“Vitamin A membantu menghasilkan zat pendingin untuk kulit kepala yang dikenal dengan sebum, yang membuat rambut terlihat dan terasa lebih sehat”, kata DiBona. Selain bermanfaat untuk kecantikan, vitamin ini juga memberikan kontribusi yang sangat penting bagi kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh, yang membuat Anda tetap kuat dari kepala sampai kaki.

Makanan yang disarankan : brokoli, melon, wortel, keju chedar, kuning telur, mangga, oatmeal, ubi, dan bayam

Zinc / Seng
Zinc merupakan nutrisi aktif yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan DiBona mencatat bahwa zinc mempunyai peran penting dalam pembentukan jaringan ikat dalam tubuh. “Komponen zinc terdiri dari ratusan enzim dalam tubuh, beberapa diantaranya untuk mengatur kemampuan tubuh untuk membuat protein baru yang bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kuku” ujar DiBona. “Alopecia, rambut kering dan rapuh merupakan tanda-tanda tubuh kekurangan zinc”

Makanan yang disarankan : kacang hijau, mete, daging sapi tanpa lemak, lobster, tiram, dan kedelai.